Beranda

Rabu, 13 April 2011

Tanaman Hias Adenium

Adenium Bergaya Bonsai
Bunga melebat dengan bonggol merlekuk unik dan canti merupak dambaan bagi pehobi adenium. Bagi penggemar tanaman hias pada umumnya, sosok mawar gurun ini memang layak dikagumi. Adenium bukan saja menampilkan bunga berlimpah dan menawan. Tanaman sukulen ini mampu menyuguhkan karakter yang khas kepada pemiliknya.
Dunia berhobi adenium saat ini menunjukkan gejala mengarah kepada adenium bergaya bonsai. Kondisi seperti ini membuat sosok adenium taklagi dinikmati keindahan bunganya saja. Namun juga komposisi bentuk dan keseimbangan proporsi postur tajuk, batang dan bonggol tanaman.
Sepintas lalu adenium seperti itu bertampang seperti bonsai. Namun, demikian, banyak pehobi dan penggemar tanaman bonsai tidak setuju bila tanaman gurun ini dimasukkan sebagai bonsai. Pasalnya adenium adalah tanaman sekulen yang tidak berzat kayu. Sementara itu, tanaman yang bisa dibonsaikan adalah jenis tanaman yang berkayu. Sebut saja adenium bergaya bonsai. Bukan bonsai adenium.
Semakin banyak daya tarik dan keindahan yang ditawarkan tentu akan didampingi dengan banyak permasalahn pula. Aneka problem tersebut tentu saja bukan menjadi penghalang bagi kita. Namun justru membuat kita menjadi semakin tertantang mendalami hobi adenium. Buku ini akan mengulas berbagai Trik dan Tips seputar hobi adenium.

Antara Bonggol dan Bunga
Ada banyak sekali ragam varietas adenium berbunga yang bisa kita pilih sebagai tanaman kelangenan. Disamping itu ada pula jenis adenium berbonggol indah yang bisa dikoleksi. Umumnya, bonggol adenium bunga tidak bisa menggembung dan berbentuk unik. Sebaliknya jenis adenium berbonggo,besar pada umumnya tidak bisa menghasilkan bunga dalam jumlah yang banyak. Adenium berbonggol gempal dengan bunga yang melimpah bisa diperoleh dengan jalan penyambungan.
Jenis adenium bonggol yang saat ini banyak perdagangkan adalaj jenis adenium Arabicum. Adenium jenis ini sering digunakan sebagai batang bawah. Adenium arabicum termasuk jenis langka. Penampilannya sangat eksotis karena batangnya besar dengan percabangan banyak. Takheran jika banyak diburu untuk dijadikan batang bawah. Keistimewaan tanaman yang berjuluk queen of thousand flower ini adalah rajin berbunga. Bunganya berwarna putih dengan pinggiran merah muda dan corong putih. Namun tanaman ini sulit di perbanyak. Ukuran bunga mencapai sekitar 4-8 ,5 cm.
Somalense merupakan species yang lain. berasal dari somalia selatan sampai daerah di kenya dan tanzania. di somalia dan beberapa area di kenya , tanaman ini merupakan tanaman berukuran kecil sampai berukuran 15 kaki dengan bonggol batang berukuran sangat besar. tetapi didaerah lain cenderung menyemak menyerupai obesum. bunganya berukuran agak kecil

Seputar Benih dan Biji
Sukses berhobi dan budidaya adenium diawali dari mutu biji, cara penyemaian dan perawatan bibit. Pemilihan biji harus dilakukan secara teliti dan benar. Setelah di pilih, benih masih harus disemai sampai menjadi bibit adenium. Tanaman muda itu wajib dirawat secara benar.

Memilih Benih
Adenium berkembiak dan menyebarkan biji dengan bantuan angin. Itu sebabnya, biji adenium didisain oleh Sang Pencipta berbentuk aerodinamis. Akibatnya benda menyerupai jarum itu ringan dan ber berkulit tipis. Hal seperti itu menyebabkan fungsi perlindungan embrio dalam benih menjadi minim. Sehingga benih adenium menjadi bersifat rentan terhadap pengaruh lingkungan luar. Kulaitasnya pun cepat mengalami penurunan.
Cara memilih benih adenium berbeda dengan benih jenis tanaman lain. Cara pemilihan beih adenium tidak bisa dilakukan dengan jalan memasukkan ke dalam air. Benih adenium sangat ringan. Sehingga benih berkualitas akan tetap mengambang dan tidak pernah tenggelam ke dasar.
Pemilihan benih yang umum dilakukan didasarkan kepada umur benih. Benih dikatakan berkualitas bila umurnya tidak lebih dari 2 bulan. Benih seperti itu ditandai dengan kulitnya yang nampak elastis dan pejal. Sementara itu, benih yang sudah lama tersimpan nampak berkerut, rapuh, serta berwarna coklat kotor.
Cara lain untuk menandai benih berkualitas dapat dilakukan dengan jalan menekan benih dengan ujung jari telunjuk dan ibu jari. Benih berkualitas terdapat isi benjolan di dalamnya. Benjulan tersebut adalah embrio dan cadangan makanan.Bila kulit mudah pecah, berarti benih sudah lama. Buang saja benih seperti itu.

Menyemai Benih
Langkah penyemaian bisa diawali dengan menyiapkan tray atau pot. Anda bisa memanfaatkan nampan sebagai tray. Sebagai saluran drainasi alias pembuangan air, dibagian bawah nampan itu dibuat lubang dengan jarak antar 1 cm. Nampan tersebut sebaiknya dipilih yang berukuran 60x40cm tinggi 7 cm
Persiapan berikutnya yaitu media penyemaian. Anda bisa meramu media persemaian dengan bahan dasar yang terbuat dari campuran arang sekam, pasir malang, coco peat(sabut kelapa), dan sedikit tanah. Komposisinya masing-masing 3:2:1:0.25. Sebelum media tanam dimasukkan, akar pakis dimasukkan lebih dulu setebal 1 cm. Fungsinya untuk mencegah penymbatan lubang drainasi. Setelah itu, media tanam dibasahi dengan bantuan sprayer. Lalu dimasukkan ke dalam nampan setebal 5 cm.
Biji lalu bisa ditaburkan. Dengan jalan menatanya. Jarak antar biji berkisar antara 2,5 – 3 cm. Etelah tertata, biji lalu bisa ditutup dengan campuran arang sekam dan pasir. Perbandingannya 2 : 1. Disarankan tidak memakai adonan coco peat dengan tanah untuk menutup biji. Sebab dikhawatirkan media tersebut terlalu banyak menyimpan air. Sehingga bisa menyebabkan benih menjadi busuk. Setelah benih ditutup dengan media tanam setebal 1 cm, Anda bisa segera menyiramnya dengan bantuan sprayer. Tray persemaian lalu ditutup dengan plastik selama 2 hari. Setelah itu dibuka. Sekitar 12 – 14 hari kemudian, benih akan tumbuh.
Biji akan mulai bertunas pada umur 12-14 hari. Setelah tanaman tumbuh setinggi 4-5 cm (umur 2-3 bulan) , bibit dapat dipindahkan ke pot yang lebih besar. Jangan memindahkan bibit yang masih kecil karena dikhawatirkan belum kuat beradaptasi dengan media baru.
Setelah bjiji menjadi kecambah, problem seringkali muncul. Antara lain:
  • Kecambah tumbang
Dimulai dari beberapa kecambah dulu kemudian, –seperti menulari yang lain,– beberapa lainnya lagi ikut tumbang. Penyebabnya, drainase penyemaian yang kurang baik yang mengakibatkan akar menjadi busuk.
  • Bonggol membusuk

Umumnya disebabkan oleh Pithium atau Phytopthera terutama ketika kecambah dipindahkan. Benih dengan akar dan bonggol busuk dengan mudah bisa dilihat dari daun-daunnya yang menguning.
  • Ulat
Hal ini menyebabkan benih jadi mati.

Cara semai:
  1. Anda bisa mengunakan nampan kecil.
  2. Lubangi bagian bawah jarak 1 1cm.
  3. Persiapkan media terdiri dari sekam bakar halus atau gunakan pasir steril saja. Penambahan pupuk akan memyebabkan media panas dan biji tidak tumbuh.
  4. Masukkan media ke nampan.
  5. Tanam biji posisi tidur.
  6. Tutupi biji dg sekam bakar.
  7. Spray teratur ke media.
  8. Tutup dengan plastik or tempatkan di tempat teduh.
  9. Biji berkecambah umur 7 hari.
  10. Bila kering spray secara halus jgn terlalu basah.
  11. Pupuk kandang, untuk penyemaian sebnarnya belum memerlukan pupuk ini, apalagi kalo pupuk itu masih mentah, al hasil bukannya biji tumbuh, malah mati karena panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar